The Other Side of Olga

Gambar

 

 

Hari Senin sampai Rabu pukul 19.30-20.30 WIB, Olga muncul di layar televisi dalam format yang berbeda dibandingkan dengan kemunculannya di acara-acara lain. Di sini, dia menunjukkan sisi humanisnya sebagai “Olga yang manis dan lembut hati”.

Sikap, body language, dan tutur katanya lebih sopan dan menyentuh. Dalam setiap tayangan, Olga menunjukkan keprihatinan dan nampak tanpa daya, melihat nasib targetnya (target adalah sebutan untuk bintang tamu dalam episode yang sedang tayang).

Tayangan Catatan si Olga tanggal 2 dan 3 Oktober dibuat di Bandung dengan target sebuah keluarga, sepasang kakek-nenek dan seorang cicit. Mereka tinggal di rumah sangat sederhana di atas tanah milik orang lain, di manasewaktu-waktu pemilik tanah bisa mengusir mereka.

Sang Nenek berjualan minuman, seperti kopi. Namun dia baru bisa menyeduh kopi jika si pembeli sudah membayar, kemudian dia menyuruh cicitnya ke warung untuk membeli sebungkus kopi. Sedang si Kakek memelihara ayam dan itik. Itu pun milik orang lain. Jadi hanya mendapat titipan dari orang lain.

Cicit mereka yang bernama Arga bernasib menyedihkan. Dia tidak bersekolah karena tidak ada biaya, sementara ibunya pergi bekerja di Malaysia dan tidak pernah berkabar apalagi pulang untuk menengok anaknya. Hampir di sepanjang acara, nenek menangis. “Nenek malu…. Nenek setua ini tapi miskin,” demikian keluh Nenek berulang kali.

Dan Olga berulang mengusap air matanya, terutama jika dia melihat ke Arga, yang akhirnya bisa berkata: “Aku ingin Mama di sini. Pingin maem nasi bareng-bareng…”

Acara ini nampaknya banyak digemari. Komentar-komentar di jejaring sosial Facebook menampilkan kekaguman penggemar terhadap kebaikan Olga. Mereka juga memberikan masukan kepada Olga tentang target-target berikutnya.

Durasi iklan sepanjang hampir setengah dari jam tayang. Ada empat kali penayangan iklan, masing-masing sepanjang 6-7 menit lebih. Jenis iklan pun beragam, dari makanan-minuman anak-anak, vitamin remaja, kebutuhan rumah tangga, make-up, cat tembok, asuransi bahkan pelumas. Ini membuktikan sasaran iklan alias penonton tayangan ini adalah semua segmen usia.

Di akhir setiap tayangan ada torehan catatan Olga. Jika tanggal 2 Oktober 2012 dia menulis: “Manusia hebat adalah manusia yang tetap berjuang…”, maka di tanggal berikut adalah: “Melihat ke bawah, maka kita akan selalu bersyukur”.

Secara tidak langsung, Catatan si Olga ini turut membersihkan nama baik Olga yang beberapa kali “tergelincir” saat dia menjadi host sebuah acara, Pesbuker-misalnya. Jika di acara itu dia berbicara seenak sendiri, maka di Catatan si Olga ini, dia menampilkan sisi yang berbeda. Meski ada juga selingan sedikit tentang kekonyolan dia, namun masih dalam porsi yang wajar.

Kemasan acara yang menarik karena membuat orang tergugah untuk menjadi tangan di atas. Namun, pemilihan target harus lebih selektif lagi. Alih-alih memilih target yang menangisi kemiskinan, lebih baik memilih target yang tegar dalam kehidupan yang sangat berat ini. (Yuktiasih Proborini)

Judul Program: Catatan Si Olga Stasiun Penayang: ANTV Hari Penayangan: Selasa-Rabu, 3-4 Oktober 2012 Waktu: Pukul 19.30-20.30 WIB Durasi: 60×2 menit (60 menit iklan) Materi Iklan: Pantene, Neo Planet Remaja, Indosat, Fresh Care, Hit Nonstop, Berniaga.com, Kraft, SuperO2, BigBabol, Zevitgrow, Pantene Nature Care, Honda Beat, Glazelle, Teh Gelas, Formula, Betadine, Mamah Dedeh, Pantene shampoo-conditioner, Olay Regenerist, Pesbuker, Mel’s Update, Hit Magic, Kartu AS, GoodTime, Dettol, Dettol sabun, Strepsils, Biskuit Klop, Castrol, Pop Mie, Aprilio Kingdom, Rejoice, Mata Lensa, Autan, Insto, Mortein, Scott ChewyvitC, Clear condisioner, Baygon Maxx, Lays, Milkuat, Downy, Silver Queen Cungky Bar, Seleb@seleb, Suka-suka Nizam, Sunguard cat tembok, Sensodyne, Coffee Prince, Olay Total Effect, Vitalis, Pucelle, Prudential, Mayonis Mama Suka, Kacang Atom Garuda, Betadine sabun antiseptic, Facebook Junior Indosat, Feet, Chibi-chibi Burger, Coboy Junior, Coolant, Asuransi AIA, Vaseline, Vitalis, vitalis roll-on, Mitu, Vicks permen, Friends Pembawa acara: Olga Syahputra Produser: Suwandi Tim Kreatif: Tim PIDI Project

Kredit foto:

http://bola.viva.co.id/lagaeropa/video-read/20527-catatan-si-olga–penjaga-warnet-bagian-1_1

One response

  1. Dear catatan Siolga. Saya ahmad dari bandung, saya mau minta bantuan kepada tim kreatif catatan siolga. utk membantu ibu2 usianya kurang lebih 70th seorang janda, g mana caranya supaya tim kreatif catatan olga bisa membatu ibu2 tersebut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: