Liburan Dibayari “Rakyat”

 

Cinta, putri sulung Uya Kuya, bercerita tentang liburannya ke Amerika Serikat. Duduk di sofa kulit, dia mengenakan kacamata sambil berceloteh tentang asyiknya berlibur ke Disneyland-California, San Diego, dan Sea World.

Itu hanya prolog dari kisah seru liburan Cinta. Selanjutnya disajikan cuplikan-cuplikan rekaman perjalanan liburan keluarga itu, yang sepertinya hanya diambil dari handycam. Maka kualitas gambarnya pun asal-asalan dan sangat sederhana.

Buat Cinta, liburan ke luar negeri adalah hal yang jamak dilakukan. Uya Kuya sang ayah bertutur, “Cinta sudah ke Disneyland untuk yang kelima kalinya. Pertama ke Hongkong, ketika Cinta berusia 3-4 tahun, kemudian ke Paris, lalu tiga kali ke California. Dan dia tidak pernah bosan. Yang belum didatangi adalah Jepang dan Orlando.”

Keesokan harinya, Cinta menyeberang ke Coronado Island, San Diego. Di sana ia memberi makan pada burung-burung merpati, menjajal kuliner Meksiko, dan melihat bangunan-bangunan kuno.

Uya Kuya menerangkan dengan lancar tentang kuliner Meksiko. Mereka juga rela antre di luar sebuah restoran Meksiko selama satu jam dan kemudian menunggu makanan tersaji selama satu jam. Praktis dua jam mereka menunggu untuk bisa menyantap makanan, yang mungkin rasanya tidak jauh berbeda dengan nasi bakar dan ayam panggang di negeri sendiri.

Ketika melihat bangunan kuno, Uya Kuya dengan heroik menyampaikan: “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah. Di sini bangunan kuno dirawat dengan baik. Tidak seperti di negeri kita, bangunan kuno digunakan untuk area bisnis. Bagaimana mau besar kalau seperti itu?”

Gambar-gambar berikutnya adalah mengenai pertunjukan Sea World. Sebenarnya, jika dicermati, tidak jauh beda dengan atraksi-atraksi di Taman Impian Jaya Ancol. Sangat mirip, hanya mungkin lebih lengkap saja.

Tayangan ini dimulai sejak Senin 8 Oktober 2012. Hari tayang Senin- Jum’at jam 17.00-17.50 (belum jam 18.00 sudah selesai). Dengan durasi sekitar 50 menitan, Ada Cinta di Amrik mampu menarik iklan sekitar 13 menitan.

Iklan yang beragam, tentu saja memberikan pemasukan yang tidak sedikit untuk Indigo (rumah produksi) dan Indosiar. Artinya, penonton “mentraktir” Uya Kuya sekeluarga berlibur ke Amerika Serikat!

Biaya iklan termasuk dalam biaya produksi. Biaya produksi dibayar oleh masyarakat yang mengkonsumsi atau membeli produk iklan itu. Artinya… kita lah yang membayari Cinta berlibur ke Amerika. Padahal kalau Uya Kuya mau, di Indonesia banyak juga tempat liburan yang seru dan mengasyikkan. Kenapa harus ke luar negeri, ya? (Yuktiasih Proborini)

Judul Program: Ada Cinta di Amrik – Episode 2 Stasiun Penayang: Indosiar Hari Penayangan: Selasa, 9 Oktober 2012 Waktu: Pukul 17.00-17.50WIB Durasi: 50 menit (13 menit iklan) Materi Iklan: Jangan Menangis Anakku, Bon Cabe, Kartu AS, Frutamin, Royco, Sunsilk, Domestos Nomos, Rexona Men, Pepsodent, Clear Dobel Sachet, Rinso cair, Bon Cabe, Indosat, Molto ultra, Vicks, Sariwangi, Rinso anti noda, Lux, Closeup, Vaseline, Ponds age miracle, Buavita, Zwitsal, Indomie goreng, Indomie goreng rendang, La Fonte. Pemain: Cinta, Uya Kuya Rumah Produksi: Indigo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: