Tenang Saja, Ada Asuransi…!

 

Semakin rumitnya kebutuhan manusia terhadap gaya hidup memunculkan beragam fasilitas yang kompleks. Sebut saja asuransi yang dulu tidak banyak pangsanya, kini mulai banyak dan bervariasi, dari milik perusahaan khusus asuransi atau perusahaan besar yang memiliki cabang asuransi.

Bentuk asuransi yang umum antara lain asuransi pendidikan dan kesehatan. Masyarakat diharuskan membayar premi perbulan dengan tujuan mendapat jaminan kesehatan atau jaminan pendidikan jika terjadi apa-apa. Namun, apa jadinya jika asuransi kesehatan mulai menyasar pada anggota tubuh?

Tayangan Hot Spot episode ini menyoroti asuransi tubuh yang tentu saja hanya dilakukan oleh artis luar negeri. Fenomena yang dapat menginspirasi artis Indonesia untuk melakukan hal serupa. Artis-artis yang melakukan asuransi tubuh antara lain David Beckham, Cristiano Ronaldo, Mariah Carey, Jenifer Lopez, dan Keith Richards. Tak tanggung-tanggung mereka mengasuransikan anggota tubuhnya untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang menimpa mereka.

David Beckham mengasuransikan kakinya  $ 70 juta (Rp 675,5 miliar), Ronaldo juga mengasuransikan kakinya $ 144 juta (Rp 1,4 triliun). Mariah Carey mengasuransikan tubuhnya $ 1 miliar (Rp 9,7 triliun!), Jenifer Lopez total mengasurnasikan $ 1 miliar, dan Keith Richards, personel band gaek Rolling Stone mengasuransikan tangannya Rp 14,4 miliar.

Lebih dirinci lagi pada artis J-Lo yang mengasuransikan bagian depan serta bagian belakang tubuhnya dan setiap kilogram dari 54,44 kg tubuhnya hingga ia dijuluki boneka 1 miliar dolar! Tentu saja biaya asuransi mereka sebanding dengan pendapatan yang mereka peroleh.

Sungguh aneh tapi nyata, bagaimana kemudian tubuh menjadi komoditas komersial tidak hanya bagi produk-produk kecantikan namun juga produk asuransi. Mereka mengasuransikan tubuhnya karena anggota tubuh itulah yang menjadi kunci penghasilan mereka, jadi jika terjadi kecelakaan berat, misalnya, mereka lebih mudah mendapatkan perawatan agar performa mereka tetap sempurna atau mendapat pengembalian yang berlipat-lipat. Biaya bukan lagi menjadi hambatan karena keuntungan yang didapatkan sebanding dengan apa yang akan didapat, apalagi kalau bukan jaminan “akan baik-baik” saja terhadap tubuh dan uang mereka.

Tayangan tersebut justru dapat mengisnpirasi agen asuransi mengenai perluasan bisnis agar orang semakin ramai mengasuransikan tubuhnya. Mari kita bayangkan jika pekerja-pekerja yang menggunakan sebagian besar tubuhnya untuk bekerja menggunakan asuransi. Wartawan mengasuransikan jari-jarinya, pemain bola voli mengasuransikan tangannya sehingga tidak khawatir jika mengalami cedera, pembantu rumah tangga mengasuransikan tangan dan kakinya untuk mengantisipasi akibat perlakuan kasar majikannya. Lalu berapa biayanya?

Selain menyoroti asuransi tubuh, Hot Spot  mengulas tentang hari hak asasi hewan dan peringatan hari ulang tahun TNI. Hot Spot dapat dikategorikan mirip dengan On The Spot milik Trans7 namun Hot Spot dikombinasikan dengan selingan tips kiriman pemirsa dan laporan lapangan isu terkini. Sumber utama tayangan ini adalah video-video yang diunggah di laman Youtube yang semua orang dapat mengaksesnya, maka jelas dibutuhkan bumbu cerita unik agar pemirsa terus mengikuti.

Segmen utama Hot Spot adalah ibu-ibu atau pemirsa yang memiliki waktu luang pada pagi hari. Iklan-iklan yang mengiringi tayangan tidak banyak, karena jam pagi bukanlah jam prime time sehingga lebih terkesan santai dan tidak serius. Edisi kali ini dapat dikategorikan sebagai ajakan untuk mengikuti asuransi. Namun tentang asuransi tubuh itu bisa jadi menginspirasi ibu-ibu dan pembantu rumah tangga untuk mengasuransikan anggota tubuhnya seperti tangan dan kaki mereka, sehingga ketika tangan atau kaki terluka tetap tenang saja, kan ada asuransi tubuh.. (Fitri Norhabiba)

Judul TayanganHot Spot Stasiun Penayang: Global TV Hari/ Tanggal: Senin, 15 Oktober 2012 Waktu: Pukul 9.30 WIB Durasi : 30 menit (9 menit iklan) Iklan: Telkomsel, Surprise Global Tv, Partai Nasdem, Asuransi Axa, Lifebuoy, Okezone.Com, Fruit Tea, Kinder Joy, Salonpas, running text advertorial sms chat dengan Bella, join komunitas Andra and The Backbone, dan Treeji Produser : Erlangga Yanawiza

Kredit Foto:

http://www.globaltv.co.id/program/detail/722/hot-spot

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: