Solusi Unik ”On The Spot”

Dua puluh satu fakta unik yang disajikan dalam tiga segmen di On The Spot memang menarik. Beberapa bisa dianggap sebagai hal-hal lucu yang cukup sekedar menjadi hiburan. Tapi sebagian lainnya adalah pengetahuan yang ditampilkan dalam kemasan yang meriah.

Pada tayangan episode ini, segmen pertama adalah tentang ‘tujuh tingkah laku manusia teraneh di dunia’. Ada dua laki-laki (salah-satunya transgender) yang bertingkah laku seperti bayi mulai memakai diapers sampai minum dengan dot dan tidur di box bayi. Perempuan yang membawa abu kremasi suaminya ke mana saja. Perempuan yang ingin menjadi pengantin dengan berat lebih dari 700 kg. Perempuan yang membeli 97 boneka bayi karena dia tidak bisa punya bayi. Perempuan yang hidup di atas pohon selama lebih dari satu tahun. Dan perempuan tua yang memutuskan untuk hidup tanpa uang.

Jika bicara tayangan pengetahuan tentang binatang, kita akan lebih puas jika bisa menyaksikan tayangan National Geographic yang membahas mendetil tentang perilaku spesies hewan tertentu. Atau yang membahas piramida Mesir mulai dari Raja-raja yang membuatnya, hingga segala detil lorong rahasia dan kisah-kisah yang dipaparkan dengan hierogliph di dinding makam.

Sayangnya tayangan tersebut hanya bisa disaksikan oleh mereka yang punya saluran televisi berlangganan. Jadi buat yang hanya punya saluran televisi ‘gratisan’ di rumah, cukuplah merasa mendapat pengetahuan dengan menyaksikan informasi tentang ‘tujuh binatang berukuran terkecil di dunia versi on the spot’. Cukuplah merasa mendapat tambahan pengetahuan dengan menyaksikan informasi tentang ‘tujuh kota kuno yang tenggelam di dasar laut.’

Apa yang ada di benak seorang anak berumur 10 tahun ketika mendengar ‘pria ini memutuskan untuk bertingkah laku seperti bayi ketika dia mengompol pada umur 13 tahun’? Betapa anak disuguhi satu solusi yang ‘unik’ ketika menghadapi persoalan. Jika ini menjadi satu ilham bagi seorang anak kelas IV Sekolah Dasar, apa yang akan dia putuskan ketika mendapati dirinya disetrap guru karena tidak mengerjakan PR? Memutuskan sekolah di TK lagi?

Dan menghabiskan jutaan dollar untuk membeli boneka bayi karena dia tidak bisa punya bayi? Memakan abu kremasi suaminya? Lepas dari ‘terserah, itu duit mereka, hidup mereka’, jelas keputusan-keputusan tersebut bukan pilihan yang baik. Ini seperti mengajak anak menyerah kepada kenyataan pahit ketimbang berdiri tegak menghadapinya dengan akal sehat.

Dan alasan menggemukkan badan gila-gilaan hanya agar tercatat di Guinnes Book of Record sebagai mempelai pengantin tergemuk di dunia? Cukup berhargakah untuk menjadi tercatat di sebuah buku, dengan mengeluarkan dana berlebih untuk makan, dan pada saat yang sama menyediakan tubuh untuk diserang berbagai penyakit akibat kegemukan? Ini akan membuat kesan ‘boleh melakukan apa saja untuk sebuah pencapaian’. Pencapaian yang seperti apa?

Untunglah ada sedikit balancing dengan tayangan tentang wanita yang hidup di atas pohon sebagai bentuk protes atas penggundulan kawasan hutan. Setidaknya ini mengajak untuk teguh memperjuangkan sesuatu yang berharga. Cara yang dipilih mungkin berbahaya tapi jelas tidak bodoh, karena segala sesuatu telah dipersiapkan dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

Lepas dari segala informasi positif yang disampaikan, On The Spot juga menyajikan informasi yang terasa ringan sekedar hiburan tapi menyimpan potensi buruk bagi pola pikir anak. Sangat mungkin ada informasi yang buruk dan sama sekali tidak layak ditonton oleh anak. (Latree Manohara)

Judul Program : ON THE SPOT  Stasiun penayang : Trans7 Hari Penayangan : 14 Nopember 2012 Waktu : 19.15 WIB Durasi : 60 menit (22 menit iklan) Materi Iklan : Susu Ultra, Coolant, ABC Kacang Hijau, Nutrive Benecol, Nu Milk Tea, Energen, Hi-Lo, Dua Kelinci (Indonesia Mengoper Bola), Fruitea, Mirai Ocha, Kratingdaeng, Coco Cooling, Okky Jelly-o Blast, Soyjoy Solution, Good Times Cookies, Alpenliebe, Tao Kae Noi, Choki-choki, Cheesekrezz, Roma Malkist Abon, Hothotpop, Pizza Hut, IM3, Simpati (Agnes Monica), XL, Maybelline Mascara, Tresemme, Pantene, Bio Miwon, Filma Margarine, Panasonic Econavi (Kulkas, Mesin Cuci, AC), Untung Beliung Britama, Standard Chartered, Mitsubishi Mirage, Kit Wash n Glow, Suzuki Nex, Suzuki Swift, Mitsubishi Outlander,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: