Hantu Sepanjang Hari

oh ternyata

Hantu Maya muncul di kamera. Sampai-sampai juru kamera yang merekam gambar sebuah tayangan film terkapar, pingsan. Hantu Maya muncul di kolam renang, maka kru yang ditarik-tarik masuk ke dalam air itu hampir mati tenggelam. Hantu Maya muncul di kamar, menindih tubuh Felish yang sedang tidur pulas.

Hantu Maya ada di mana-mana. Semua orang yang terlibat dalam pembuatan film tentang kehidupan Maya menjadi terganggu. Mak Ni Luh, pembantu rumah tangga juga tercengang melihat hantu Maya yang merasuki raga Felish dan memesan lemon tea hangat. Sutradara menginginkan lokasi suting dipindah, namun produser tidak memberikan izin karena film ini sudah dinanti khalayak dan sudah ada sponsor yang siap menanggung biaya produksi.

Yaa…. Maya dianggap sebagai hantu yang gentayangan. Sementara itu, kekasih Maya, Mario, yang ada di rumah sakit jiwa karena stres, mengkhawatirkan keselamatan jiwa kru dan artis yang terlibat dalam pembuatan film ini.

Acara Bioskop Indonesia yang tayang di TransTV Kamis 20 Desember 2012 pukul 12.00-14.00 ini menjadi film hantu di siang bolong. Film yang berjudul Bisikan Hantu Kembar ini menjadi salah satu mata acara tentang hantu yang ditayangkan sepanjang hari itu.

Dulu, televisi nasional secara umum hanya menayangkan fil tentang hantu di malam Jumat, waktu yang bagi sebagian orang dianggap keramat, saatnya hantu muncul di sebarang tempat. Dan selalu malam hari. Beda dengan masa kini, film perhantu-hantuan juga ditayangkan siang hari. Sedikit mengurangi keseraman waktu menonton, tetapi tetap saja menampilkan pembodohan umat.

Maya dan Mila adalah kembar identik. Mirip namun mempunyai sifat yang bertolak belakang. Orang baik (Maya) muncul sebagai hantu, tetapi manis. Sementara itu, kembarannya yaitu Mila menjelma menjadi hantu yang jahat, yang meneror semua orang.

Ya, Mila adalah pembunuh Maya. Namun setelah melakukan pembunuhan dengan benda tajam, Mila meninggal akibat terpeleset dan jatuh dari loteng. Akhirnya keduanya menjadi arwah yang gentayangan, yang tidak tenang, kemudian mengganggu semua orang. Satu hantu jahat, satu lagi hantu yang baik karena menuntun Felish hingga misteri pembunuhan itu terkuak.

Hantu muncul lagi di layar TransTV pukul 19.00-20.00. Kali ini dalam tayangan Oh… Ternyata yang menampilkan dua segmen cerita, masing-masing berdurasi 30 menit. Berbeda dengan tayangan hantu siang hari, hantu yang ada dalam cerita tanggal 20 Desember 2012 ini dikisahkan sebagai suatu kejadian yang lucu.

Segmen pertama berjudul Pelet Nyasar. Dari judulnya saja, sudah nampak akan terjadi kelucuan. Dikisahkan, air pelet yang seharusnya diminum oleh gadis yang ditaksir seorang laki-laki malah dipakai untuk menyiram di kuburan. Alhasil, hantu di kuburan itulah yang mengikuti laki-laki tersebut. Sebuah kekonyolan lain diceritakan.

Segmen kedua berjudul Kalung dari Makam Belanda. Seorang anak kecil bernama Dini menemukan kalung di makam Belanda. Ternyata sesudah itu, terjadi hal-hal yang mengerikan, seperti penampakan hantu nenek tua, keran air yang mengucurkan darah. Kisah yang berharap penonton akan berpikir lebih panjang karena, di bagian akhir cerita Dini kembali menemukan sebuah benda, yaitu gelang.

Malam harinya, hantu pocong bermunculan dalam tajuk berjudul Pocong Tonggos. Selama dua jam dari pukul 20.00, penonton diberi “hiburan” mengenai dunia perpocongan. Dari judul itu, bisa dibayangkan bahwa isi tayangan adalah hal-hal konyol semata. Dan memang demikian. Ada polisi pocong, pocong idol, kitab undang-undang hukum pocong, dan istilah-istilah dunia manusia yang diterapkan dalam dunia perpocongan.

Ceritanya pun menyadur dari kisah Cinderela. Jika dalam dongeng digambarkan sepatu Cinderela tertinggal, maka kali ini yang tertinggal adalah behel gigi si Peri Tonggos. Lagi-lagi digambarkan bahwa mereka menjadi hantu pocong karena mati dengan cara yang tidak wajar. Misal, Ela si Tonggos meninggal karena bunuh diri gara-gara cowok yang disukainya menolak cinta Ela gara-gara giginya tonggos. Sedangkan Mario hampir meninggal karena diracun.

Tiga tayangan itu disuguhkan dalam sehari. Jadi, empat jam (dikurangi iklan) TransTV menyajikan kegiatan pembodohan masyarakat. Apalagi jika dilihat iklan yang bertebaran dan jam tayang prime time untuk Pocong Tonggos, bisa dibayangan bagaimana stasiun televisi sudah meracuni orang banyak dengan tayangan yang sangat tidak berkualitas.

Pembodohan massal dilakukan dalam berbagai gambaran. Penggambaran bahwa kematian yang tidak wajar akan menjadikan “sebuah” arwah gentayangan. Gambaran bahwa bentuk hantu adalah pocong alias mayat yang dibungkus dengan kafan. Dan gambaran-gambaran lain yang benar-benar tidak cerdas.

Satu hal yang pantas mendapat pujian adalah kreativitas pembuat cerita (khusunya untuk film Pocong Tonggos). Bagaimana mengemas dan menyajikan kisah hantu-hantu yang dipadukan dengan kekonyolan dan dongeng-dongen itu. Selebihnya hanyalah omong kosong belaka…. Sampai kapan tayangan ini diakhiri…. (Yuktiasih Proborini)

Program               : Bioskop Indonesia- Bisikan Hantu Kembar, Oh… Ternyata- Pelet Nyasar         dan Kalung dari Makam Belanda, Bioskop Indonesia Premiere- Pocong    Tonggos.

Stasiun                 : TransTV

Hari tayang          : Kamis

Jam tayang           : 12.00-14.00, 19.00-20.00, 20.00-22.00

Iklan    : HiLo, Listerine, Garnier, Panasonic, Maritahu, Kiss, ABC Gold Juice, Charm, Mayumi, Marina, Hemaviton, Hit, Frestea, Chitato, Sajiku, Sukro, Mirai Oca, Panadol, Kecap ABC, Pulpy, Bumbu Indofood, Smartfren, Indomie, KFC, Toshiba, Clean and Clear, Danamon, Suzuki, Yamaha, Anget Sari, Zee, Samsung, Tebs, Shrek, Larutan Badak, Chocolatos, Gery, Nokia Asha, Delfi, SGM Soya, Neo Reumachyl, Glyderm, Kispop, California bed sheet.

2 responses

  1. siapa pemeran pocong tonggos yang jadi Si Tonggosnya?

  2. Makasih atas infonya , Aerith

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: